Jumat, 07 Februari 2020

Hari kesembilan, Jujur

Bismillahirrahmanirrahim

Masih di gamelevel 10, membangun karakter anak melalui dongeng atau cerita. Di hari kedelapan ini saya ngga dongeng, tapi lebih ke membacakan kisah Rasulullah Saw. Beliaulah panutan utama dan sebaik baik suri tauladan.
Buku yang dibacakan  ini berjudul "jujur"


Singkat cerita...
Disebuah pasar, ada seorang Badui menawarkan kudanya untuk dijual. Rasulullah bertanya harga kuda itu, kemudian membelinya dengan harga tiga Dinar. Akan tetapi uang Rasullullah ada di rumah, sehingga meminta Badui tersebut untuk ikut dengannya dan mengambil uang tersebut. Akhirnya Badui itupun mengikuti Rasulullah.

Dalam perjalanan, ada orang lain yang menawar kuda tersebut dan membelinya lima Dinar. Badui tadi langsung menjualnya dan mengambil lima Dinar tersebut. Mengetahui hal tersebut, maka Rasulullah mengingatkan Badui itu bahwa dia telah menjual kuda itu. Si arab Badui pun marah kepada Rasulullah, dan meminta bukti bahwa ia sudah menjual kuda itu kepada Rasulullah.
Alhamdulillah saat itu ada khuzaimah Ibn Tsabit dan beberapa orang yang menjadi saksi bahwa memang Rasulullah telah membeli kuda itu.

Akhirnya...
Rasulullah menasehati Badui itu untuk tidak berbohong demi mengharapkan untung yang banyak.
Kejujuran Rasulullah tak perlu diragukan lagi, karenanya ia diberi julukan al-amin


Berharap dari kisah Rasulullah ini, Arkan dan adiknya kelak menjadi orang yang jujur yang memiliki rasa khouf kepada Allah SWT. Aamiin

#harikesembilan
#tantangan10hari
#gamelevel10
#grabyourimagination
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar